RESENSI BUKU SUKSES MENJADI MILIUNER DI USIA 30 TAHUN


*Dimuat di Kabar Madura, 26 Februari 2016

Kiat Sukses Menjadi Pengusaha


Judul : Sukses Menjadi Miliuner di Usia 30 Tahun
Penulis : Frendy Susilo
Penerbit : Saufa
Cetakan : I, Januari 2016
Halaman : 192
ISBN : 978-602-391-054-0

Hidup sukses adalah keinginan dan dambaan setiap orang, baik sukses dalam hal karir, pendidikan, maupun dalam hal materi, tanpa kecuali. Sayangnya, sebagian dari kita, ada yang menjadikan keinginan tersebut hanya sebatas angan belaka, harapan-harapan kosong atau hanya sekadar impian, bukan kenyataan. Tentu saja dengan beragam argumen, dan yang utama adalah perkara hambatan dan kesulitan yang dirasa cukup memberatkan, sehingga membuat kita urung untuk melakukannya.
Buku ini mengajak pembaca untuk meneladani kisah-kisah sukses pengusaha besar dunia. Di dalamnya dibahas secara rinci dan detail tentang kebiasaan-kebiasaan pengusaha besar dunia, yang dilengkapi dengan kiat-kiat sukses dalam menjalankan usahanya, dan sederet materi-materi lainnya.
Nama-nama seperti Mark Zukerberg, Dustin Moskovitz, Top Ittipat, hingga pengusaha senior macam Steve Job, semuanya terangkum di buku ini dengan sajian bahasa yang menarik, menggugah, dan memprovokasi kita untuk bisa sukses seperti mereka.
Top Ittipat, salah satu pengusaha besar Thailand menuturkan bahwa seseorang yang ingin sukses, maka dia harus mau untuk berproses. Karenanya, seseorang yang menginginkan kesuksesan, namun tak kunjung melakukan aksi, maka itu adalah hayalan belaka, omong kosong belaka. Selanjutnya, dia menuturkan, bahwa indikator seseorang gagal dalam menjalani usahanya disebabkab oleh berbagai faktor, seperti buruknya managemen SDM, buruknya managemen keuangan, buruknya managemen pemasaran, dan buruknya managemen produksi (halaman 9-26)
Oleh sebab itu dibutuhkan kerja keras yang nyata, gigih, dan mau berjuang untuk dapat meraih dan mewujudkannya secara nyata. Dalam posisi ini, Top Ittipat kemudian membagikan tips dan langkah yang mesti dilakukan oleh seorang pengusaha ketika menjalankan usahanya agar bisa meraih kesuksesan. Seorang pengusaha dituntut untuk memulai sesuatu dari hal terkecil, fokus, jangan langsung berpikiran besar. Selain itu, harus mampu mengambil risiko, jangan bermental cemen, dan harus memupuk sikap optimisme yang tinggi (halaman 37)
Beberapa tips dan kiat yang diutarakan oleh Top Ittipat tersebut jika direnungkan lalu dipraktikan secara nyata dan istiqamah, niscaya akan menjadikan kita sebagai pribadi yang unggul, tangguh, dan tahan banting. Mampu menghadapai segala risiko dan situasi apa pun karena kita yakin dan fokus dengan usaha yang dijalani, sekuat dan seberat apa pun rintangannya. Terlebih bagi kita yang memang telah membiasakan diri hidup disiplin, siap bertarung, dan telah terbiasa menghadapi masalah berikut jalan keluarnya.
Wejangan lain yang patut direnugkan dalam buku ini adalah wejangan dari pengusaha muda yang mendunia, yang begitu familiar, Mark Zukerberg, salah satu pendiri sekaligus CEO media sosial terbesar di dunia, Facebook. Dalam wejangannya, dia menitikberatkan pada pentingnya membangun sikap kesederhanaan, fokus, pandai mengidentifikasi masalah, dan mampu membuat keputusan. Pada bagian lain, agar tujuan kita terarah, maka pengusaha harus mampu menentukan deadline pekerjaan melalui skala prioritas dengan cara memperkecil tujuan utama, dan tentu saja menjaga motivasi (halaman 67-90)
Selain fokus pada hal tersebut, ada sisi menarik yang bisa kita petik dari kebiasaan Mark Zukerberg, yakni kebiasaannya memakai baju dengan corak yang sama setiap harinya. Alasannya fokus pada satu hal. Kebiasaan lainnya, kendati dia telah menjadi pesohor sekaligus pengusaha sukses dunia, Mark Zukerberg, tetap menjaga pola hidup yang teratur sepertihalnya bangun di waktu pagi. Menurutnya, kesuksesan berawal dari pola hidup yang teratur termasuk bangun di waktu pagi, selain memiliki banyak waktu luang, juga akan mendapat kesehatan tubuh yang luar biasa, lebih aktif dan produktif, memacu kreativitas, serta memiliki aura positif (halaman 99) itulah sebabnya dia bisa meraih kesuksesan seperti sekarang ini.
Buku ini sangat layak dijadikan sebagai bahan bacaan sehari-hari, selain sarat pengetahuan, inspiratif juga dapat membuat kita merenungi kehidupan dan semangat dalam menjalaninya. Dengan begitu, segala macam cita, impian, angan, dan harapan akan nyata adanya.
Selamat membaca!
***

SHARE

Nunu Nugraha

HSedang getol belajar nulis di koran. Puisi, cerpen, opini, dan resensinya telah nangkring di berbagai media, mulai dari lokal hingga nasional. Sesekali, nongol di media online. Kini, dia tengah berburu beasiswa dan tak ketinggalan, sedang berusaha mendapat restu calon mertua. Kalau mau nyapa @noe_aufa Twitternya. Nunu Nugraha Facebooknya.

  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment