Kosan Gratis, Mengapa Tidak!


mahasiswabicara.com

Salah satu hal yang kerap kali bikin kita puyeng ketika memutuskan untuk kuliah ialah menentukan apakah ngekos atau didugdag (pulang pergi). Jika pilihannya ngekos, bingung milih tempatnya di mana, fasilitasnya apa, bayarnya berapa, terus yang punya kosan galak apa tidak, serta sederet lainnya. Jika pilihannya didugdag, maka risikonya akan sangat banyak. Selain boros, tubuh capek, dikejar waktu, plusnya lagi begitu tiba di kampus kondisi kita akan terlihat urakan, bahkan kucel. Efeknya, kita nggak bakalan konsen ngikutin mata kuliah, lebih dari itu bahkan, kita bakalan kehilangan kesempatan mendapatkan gebetan.

Tapi tenang, Sob, saya punya solusi jitu untuk memecahkannya. Bahkan, Anda nggak perlu lagi bingung mikirin mesti ngekos di mana, bayarannya berapa, dan bla bla bla lainnya. Sebab, saya punya tips untuk kalian dan saya harap kalian mengamalkannya. Karena, dijamin tips ini sangatlah ampuh, terlebih bagi kalian yang maaf cekak secara ekonomi yang hanya cukup untuk biaya makan sehari-hari, itu pun hanya dengan kerupuk. Jadi sangat mustahil untuk bayar kosan, apalagi ngajak jalan gebetan.

Setidaknya, tips ini bakalan membuat kalian kegirangan, sedikit jingkrak-jingkrakkan, guling-guling di aspal kayak princes yang serba sesuatu itu, sebab kalian kini akan mendapatkan tempat kosan yang nyaman, ya enak untuk sekadar tiduran, plusnya lagi nggak usah bayar alias gratisan! 
Apa saja tipsnya, yuk simak baik-baik:

Ikut organisasi kampus

 Ikut organisasi setidaknya akan memberikan banyak manfaat untukmu. Selain mendapatkan jaringan yang luas, ilmu pengetahuan dan wawasan seputar keorganisasian, mendapatkan jabatan, juga berkesempatan mendapatkan gebetan. Ya, bener, lho. Serius! Secara kamu bakalan dikenal oleh banyak orang, yang tentu saja nggak hanya orang-orang yang sejurusan denganmu, tapi juga jurusan-jurusan lainnya, bahkan lebih luas lagi; dari kampus lainnya, Sob! 

Betapa kerennya, kan, ikut organisasi. Dan, yang lebih utama, tentu saja dengan keberadaan kantor/rumah dinas atau yang kerap kita kenal dengan sekre. Ya, kampus memberikan dan menyediakan fasilitas itu, sob. Jadi manfaatkanlah baik-baik. Tapi ingat, jangan jadikan sekremu sebagai tempat mabuk-mabukkan, apalagi arena mesuman, ya!

Jadi pengurus mesjid kampus
Mungkin, apa yang ada di benak kalian ketika mendengar anjuran ini akan kaget, atau merasa aneh, terheran-heran. Tenang, sob! Justru ini adalah peluang yang sangat luar biasa. Apa pasal, sebab kalian akan berpeluang mendapatkan gebetan secara gampang. Ya, kalian akan terlihat keren abis, religius, dan begitu syar'ie di mata orang-orang, sholeh-sholehah pokoknya. Sangat mantuable, deh!

Apalagi yang pas melihat kalian itu kebetulan orang tua gebetan atau dosen yang memiliki anak cantik, tampan, rupawan, sholeh-sholehah pula. Siapa tahu dia bakalan dijodohin denganmu. Kalau beneran' kan Alhamdulillah, to. Eh, tentu saja yang lebih utama kalian akan mendapatkan tempat gratisan yang nyaman pula. Secara kalian 'kan pengurus mesjid, sob! DKM, lho, Dewan Kemakmuran Mahasiswa. Tapi, ingat, begitu jadi pengurus mesjid, jangan mudah spanengan, ya. Apalagi pakai belajar merakit bom segala. Jangan deh!

Numpang di kosan teman
Ah, gengsi rasanya kalo mesti numpang sama teman. Masak iya sih hari gini mesti numpang, dan bla bla bla lainnya. Stop! Pikiran-pikiran macam ini perlu kalian buang segera, jangan dibiarkan begitu saja. Terlebih, bagi kalian yang mengalami kondisi yang teramat memilukan ini. 

Kalian yang ingin kuliahnya tetap berjalan tanpa perlu mikirin bayar kosan. Sebaiknya kalian ikuti saran saya. Di antara sekian banyaknya teman kalian, berapa orang yang tinggal di kosan. Segeralah dekati mereka, bersikaplah baik, dan jangan bikin gara-gara, apalagi nyampe macam-macam. Manfaatkanlah sebaik-baiknya. Karena denga sikap seperti itu, kalian bisa menumpang di kosan mereka secara gratisan. 

Jika temannya ada sepuluh, maka aturlah jadwalnya. Jika ditanya alasan mengapa kamu ingin numpang tidur di tempat mereka, bilang saja, aku butuh bantuan untuk ngerjain tugas mata kuliah, atau butuh teman diskusi, atau lagi butuh teman curhat, butuh perhatian. Dengan begitu mereka akan mengiyakannya. Dan, seketika, kalian bisa kuliah tanpa mikirin biaya kosan, dan uangnya bisa ditabung untuk ngajak jalan gebetan. Ya, jika ada sih!

Emm, itulah tips singkat dari saya. Saya hanya ingin mengatakan, bagi kalian yang belum punya kosan semoga segera mendapatkannya. Bagi kalian yang belum punya gebetan, semoga segera, segera insaf bahwa bentar lagi wisuda. hah, wisuda? wong skripsi aja belum digarap ha
*nggak nyambung' kan hahaha

#NB: catatan ini pernah tayang di mahasiswabicara.com  14 Nopember 2015 lalu. Jika ada yang ingin baca versi aslinya, mangga buka link ini http://mahasiswabicara.com/kabar/kampusiana/kosan-gratis-mengapa-tidak/. oke sekian. matur nuwun.

Selamat berburu kosan gratis dan semoga berhasil!




SHARE

Nunu Nugraha

HSedang getol belajar nulis di koran. Puisi, cerpen, opini, dan resensinya telah nangkring di berbagai media, mulai dari lokal hingga nasional. Sesekali, nongol di media online. Kini, dia tengah berburu beasiswa dan tak ketinggalan, sedang berusaha mendapat restu calon mertua. Kalau mau nyapa @noe_aufa Twitternya. Nunu Nugraha Facebooknya.

  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

5 comments:

  1. Kalo gw sih mending numpang dikosan temen.. Itung2 ngerepotin dia. Plus dapet makan gratis. Kalo gak di usir itu jga.. Ahaha

    ReplyDelete
  2. Kalo gw sih mending numpang dikosan temen.. Itung2 ngerepotin dia. Plus dapet makan gratis. Kalo gak di usir itu jga.. Ahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya sip. lebih ngirit itu. ya, jangan macem-macem biar gak diusir..ha

      Delete
  3. Replies
    1. nah itu tuh bener. perseduluran kan lebih baik..heu heu. meski suka ada konflik dikit-dikit mah..hehehe.

      Delete